Profil

Epy Kusnandar

October 25, 2015
epy

Sukses yang dicapai sinetron Preman Pensiun tidak lepas dari imajinasi tingkat tinggi sang penulis skenario sekaligus sutradaranya, Aris Nugraha. Bahkan berkat sinetron ini pula sosok preman fiktif bernama Muslihat atau yang akrab disapa Kang Mus menjadi akrab ditelinga masyarakat kota Bandung bahkan seluruh Indonesia.

Dalam sinetron Preman Pensiun, Kang Mus sendiri diperankan oleh Epy Kusnandar, aktor asal Garut yang sudah lama berkecimpung di dunia persinetronan dan perfilman Indonesia. Dengan logat sundanya yang khas, Epy berhasil memerankan sosok Kang Mus sekaligus menjadikan Preman Pensiun sebagai salah satu sinetron yang kehadirannya sangat ditunggu.

Namun siapa yang tahu, kalau tokoh Kang Mus yang diperankan Epy sebagai preman yang terkenal tegas dan sedikit menggelitik ini benar-benar ada. Bahkan Epy pun sempat tidak percaya jika sosok Kang Mus memang benar-benar ada di kehidupan nyata.

Eppi Kusnandar adalah ayah dari seorang anak yang lahir pada tanggal 1 Mei 1964. Epy telah aktif di teater sejak masih duduk di bangku sekolah menengah. Dia ingin menjadi aktor seperti Slamet Rahardjo dan Didi Petet.

Selepas SMA, beberapa tahun kemudian Epy kemudian melanjutkan ke Institut Kesenian Jakarta (IKJ) pada tahun 1989. Sejak itu, Epy aktif di berbagai sanggar teater seperti Pantomim Sena Didi dan Theater Aristokrat. Tak hanya teater, Epy juga merambah layar kaca dan layar lebar.

Epy mengawali kariernya setelah maskot sebuah produk rokok sigaret. Bahkan bersama empat teman satu grup lawaknya, membintangi sinetron berjudul Asyiknya Geng Hijau. Nama Epy melejit setelah bermain dalam sinetron Kejar Kusnadi.

Kemudian ia berturut turut main dalam film Maskot dan film I Love You, Om. Pada tahun 2014 Epy Kusnandar bermain di dua film Indonesia kelas Internasional yaitu Killers dan The Raid 2: Berandal.

Epy juga pernah divonis dokter kalau umurnya tinggal beberapa bulan lagi mengingat penyakit kanker otak yang dideritanya sudah parah. Namun keajaiban datang kini Epy sudah sembuh total.

Epy sudah meraih dua penghargaan selama kariernya yaitu Pemeran Pendukung Pria FTV Terbaik Festival Film Indonesia 2012 dan Pameran Utama Pria FTV Terbaik Festival Film Indonesia 2014.

Sumber : galamedianews.com

You Might Also Like