Celeb

Inilah Pelecehan Belanda Ke Indonesia di Kereta Kencana Prinsjesdag!

May 10, 2016

Negara Belanda seperti halnya Indonesia mepunyai hari hari yang penting dan harus dirayakan, Salah satu hari raya negara Belanda yang selalu dirayakan adalah Prinsjesdag atau Prince’s Day. Hari raya yang jatuh pada hari Selasa ketiga di bulan September. Perayaan itu rutin dilakukan setiap tahun. Pada Prinsjesdag atau Prince’s Day ini akan dibacakan Pidato Kerajaan yang dibacakan langsung oleh Raja mengenai kebijakan pemerintah untuk tahun tahun mendatang. Namun Prinsjesdag atau Prince’s Day ini tidak hanya sebuah peristiwa politik dan ekonomi, namun acara ini sebenarnya memiliki sebuah seremonial yang tidak kalah pentingnya.

Setelah sang Raja membacakan Pidato Kerajaan (Speech from the Throne), Raja menuju Ridderzaal yang terletak di Den Haag menggunakan kereta kencana. Ribuan orang memadati rute yang akan dilewati kereta kencana ini. Pasukan bersenjata dan pengawal kerajaan turut mengiringi jalannya prosesi ini. kalo di Indonesia semacam pawai ato karnaval kali ya..

kereta-kencana-1

Namun yang menjadi permasalahan adalah kereta yang digunakan dalam prosesi ini. Kereta kencana ini dihiasi lukisan yang terdapat di sisi kerta yang menggambarkan kejayaan Kerajaan Belanda di masa lalu.

Lukisan yang ada di sisi kereta ini dianggap kontroversial dan membuat banyak pihak gerah, yang paling vokal adalah Suriname. Walaupun acara ini berlangsung setiap tahunnya, namun Suriname selalu gencar melakukan protes pada setiap seremonial ini.

kereta-kencana-2

Disini digambarkan “kejayaan” kerajaan Belanda di masa lalu dengan keberhasilan mereka menjajah banyak negara, dan gambar tersebut dianggap merendahkan martabat bangsa. Terutama Indonesia yang sudah merdeka, karena di tengah gambar itu sangat jelas terlihat ilustrasi Raja Jawa yang tunduk kepada Ratu. Sementara di samping kiri dan kanan budak budak bertelanjang dada dan menggunakan blangkon tampak hormat kepada Ratu dan mempersembahkan hadiah.

Sebenarnya sudah banyak masyarakat Belanda sendiri yang menyorot tajam akan hal ini, Harian de Volkskrant bahkan menyebutkan kalau kereta kencana ini patut dimuseumkan. Kekejaman-kekejaman yang terjadi di masa kolonial, hanya baik untuk pameran di museum.

Tidak banyak orang Belanda yang mengetahui tentang pembantaian dan kekejaman Belanda di masa lalu, terlebih apa yang mereka lakukan semasa menjajah Indonesia. Tapi sebagai Raja seyogyanya lebih bijaksana lagi menyikapi hal ini terlebih lagi udah banyak yang mengajuan protes mengecam gambar ini.

Bagaimana pendapat kamu pelecehan Belanda terhadap Indonesia ini?

Sumber : http://hello-pet.com

 

You Might Also Like