Profil

Soimah Pancawati

October 19, 2015
soimah

Juragan Mau Duduk… Masalah buat lo?Itulah jargon yang biasa dikatakan oleh Soimah dalam acara Showimah yang sekarang sudah berakhir.

Soimah Pancawati lahir di Kabupaten Pati, Jawa Tengah, 29 September 1980 adalah seorang seniman asal Yogyakarta yang multi talenta. Ia sangat mumpuni bidang kesenian Jawa, seperti campursari, sinden, ketoprak, pop jawa, Hip Hop, serta MC, dan dagelan. Soimah juga seorang rapper.

Ia dilahirkan oleh pasangan alm. Hadi Narko dan Kasmiyati, Ia merupakan 7 orang bersaudara. Istri dari Herwan Prandoko ini dikarunia momongan 2 orang anak laki laki semua yaitu Aksa Uyun Dananjaya dan Diksa Naja Naekonang.

Masa kecil Soimah begitu disiplin dan keras. Sejak duduk di bangku Sekolah Dasar, Soimah sudah membantu ibunya bekerja demi bisa bersekolah yaitu membantu ibunya berdagang ikan di pasar.

Setelah bergabung dalam komunitas seni dan mulai sering menerima panggilan manggung, Soimah hijrah ke Yogyakarta. Selepas Sekolah Menengah Pertama, dia tinggal bersama tantenya. Dari situ, ia lantas bergabung dengan Padepokan Seni Bagong Kussudiardjo, komunitas Kyai Kanjeng, Acapella Mataraman, kelompok seni Kua Etnika, dan Orkes Sinten Remen pimpinan Djaduk Ferianto.

Awal perjalanan karirnya adalah dengan mengikuti komunitas seni di Yogyakarta, seperti ketoprak dan Jogja Hip Hop Foundation. Melalui Jogja Hip Hop Foundation pula pada akhirnya Soimah menjalani tur dunia pada 14 Mei 2011 lalu, mereka tampil di Asia Society di 725 Park Avenue, New York, Amerika Serikat.

Kegigihannya melancong dari kota ke kota dengan bayaran ribuan. Konsistensinya berkebaya meski dicela orang. Itu yang membuat stasiun televisi nasional mengenal karakter Soimah yang kokoh. Ia memulai karier layar kaca dengan tampil lewat program Segerrr Benerrr.

Saat masih merintis karir di dunia entertainment. Ternyata Soimah pernah merasa sakit hati dan dendam kepada seorang artis senior. Ketika itu, dia merasa direndahkan meskipun hanya lewat tingkah lakunya, bukan melalui kata-kata.

Siapa artis senior yang telah menyakiti hati Soimah dan bagaimana ceritanya? Menurut Soimah, artis tersebut sudah tidak ada di dunia hiburan, tidak laku. Jadi waktu awal-awal syuting di televisi, banyak artis yang memandang sebelah mata padanya. Soimah yang datang paling awal bawa peralatan dan ditaruh di meja. Ada sanggul dan segala macam.

Setelah ia latihan dan balik ke meja itu, peralatannya sudahtidak ada dan ternyata digeser ke meja paling pojok dan dalam kondisi berantakan.

Somah juga pernah menjadi obyek mulut pedas Farhat Abbas, Ia menuturkan lewat akun twitternya, agar Soimah sadar. Karena pada awalnya, Soimah terkenal dengan busana kebayanya, menurut Farhat itu adalah perbuatan yang lupa diri.

Sumber : hello-pet.com

You Might Also Like